Sunday, January 5, 2014

Yamaha Akan Luncurkan City Car



Yamaha berkolaborasi dengan Gordon Murray Design mengembangkan sebuah city car yang dijuluki Motiv. Sekilas mirip mobil futuristic Smart Fortwo. " Mobil Yamaha Motiv ini dibangun menggunakan kombinasi unsur-unsur balap formula satu (F1) dan sepeda motor," tulis majalah CAR Inggris baru-baru ini.

Mobil kecil itu memiliki suspensi all-independent dan bertenaga listrik yang diklaim akan memberikan kenikmatan berkendara dan performa yang baik. Mobil mini lincah dan ramah lingkungan yang cocok untuk perkotaan.


Yamaha City Car dengan dua tempat duduk itu berbobot 730 kilogram dan bisa melaju 62 kilometer per jam dalam waktu sekitar 15 detik.

Motiv yang memakai mesin bensin tetapi bertenaga listrik ini kemungkinan akan hadir di jalan-jalan raya secepatnya pada 2016. Mobil itu akan dibanderol sekitar 10.000 euro (sekitar Rp 158 juta) untuk bersaing dengan Smart Fortwo dan Renault Twingo terbaru. Smart Fortwo di Jakarta dijual di atas Rp 200 juta.

Yamaha merupakan perusahaan engineering pertama yang menyemplungkan diri dengan konsep iStream Murray dan mencoba untuk menerapkannya ke dalam realitas produksi skala penuh.


Dengan hadirnya mobil ini, Yamaha mengantisipasi tren mobil yang semakin mini karena kondisi lalu lintas yang semakin macet. Mobil mini memang laris di kota-kota yang macet seperti di Roma atau Milan.










0 comments:

Post a Comment