Ternyata Yamaha memang selalu terdepan.. !! Pasalnya Yamaha
tidak mau ketinggalan untuk meramaikan pasar motorsport atau yang dikenal
dengan nama “Moge” di Indonesia. Hari senin minggu depan, Yamaha akan
meluncurkan motor-motor moge mereka di Indonesia dengan mengusung tema ‘Yamaha
CBU – Mark of Origin’. Tujuan Yamaha Indonesia meluncurkan motor ini tidak lain
untuk menyaingin Ducati dan Kawasaki yang telah lebih dahulu mengeluarkan
line-up motor sport ber cc besar. Ada 4 motor yang akan mereka luncurkan. Nah,
salah satu motor yang akan mereka boyong pada hari senin besok adalah
Motorsport Yamaha YZF-R6 yang memiliki mesin 600 cc.
Desain untuk body Yamaha R6 ini lebih sporty dan lebih besar
karena memboyong mesin 4 silinder. Bodi depannya dibuat aerodinamis dengan dua
buah lampu depan yang berdesain dinamis. Fairing depan motor ini dibuat
minimalis tanpa lekukan ekstrim untuk memberikan kesan streamline. Nah pada
model buntutnya, kita akan menemukan model “nangkring” khas Motorsport Yamaha Terbaru yang lebih sporty.
Yamaha membekali motor ini dengan dua buah piringan cakram
pada ban depan, masing-masing rem cakram dibekali dengan sebuah kaliper dua
piston yang cukup besar. Sedangkan pada roda belakang, motor ini hanya memiliki
satu buah piringan cakram. Sasis motor ini menggunakan model sasis Deltabox
dengan bahan alumunium yang sangat rigid untuk menjamin ketajaman ketika
berbelok.
Motor ini memiliki suspensi depan model upside-down yang
dapat di stel sesuai dengan keinginan pengemudi, dan suspensi monoshock
belakang pun juga dapat di stel secara manual dengan jarak travel 120 mm. Ban
depan motor ini cukup besar dengan ukuran 120/70 velg R17 dan ban belakang
berukuran 180/55 R17.
Soal mesin, Yamaha tidak pelit dalam memberikan spesifikasi
mesin Yamaha YZR-R6 ini. Jika saat ini produsen motorsport mencoba mengurangi
jumlah silinder untuk menghemat ongkos produksi, Yamaha justru memberikan mesin
4 silinder seperti mesin mobil di Yamaha R6 ini. Dengan mesin liquid cooled,
DOHC 4 silinder inclined parallel ini mampu mengeluarkan tenaga lebih besar
dari Honda Jazz yang memiliki tenaga 120 Ps. Yamaha R6 ini memiliki tenaga
hingga 123.7 Ps pada 14.500 Rpm.
Tenaga mesin tersebut diperoleh lewat teknologi Moto GP yang
diaplikasikan di motor ini. Yamaha R6 menggunakan ECU dari motor Moto GP Yamaha
yang dinamakan YCC-T. Tidak hanya itu, teknologi balap Yamaha juga menular ke
bagian transmisi lewat race developed slipper clutch 6 percepatan. Dengan
transmisi ini perpindahan gigi Yamaha R6 lebih halus tanpa jeda dan tentunya
tanpa slip kopling.
Yamaha R6 Indonesia nantinya akan memiliki spesifikasi yang
sama dengan motor yang dijual Yamaha di belahan dunia lain, dalam artian
sepertinya tidak ada ubahan spesifikasi untuk menyesuaikan kondisi medan tanah
air. Apalagi motor ini merupakan motor CBU yang langsung diimpor dari luar
negeri. Makin mantap aja nih!
0 comments:
Post a Comment